Health, Wealth & Happiness

Bingung Memilih Jurusan Kuliah?

Banyak orang merasa bingung memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah sebenarnya bisa dipilih berdasarkan minat dan kemampuan yang dimiliki oleh diri kita. Namun pada kenyataannya,tidak semudah yang dibayangkan.

Pemilihan jurusan kuliah kadang dapat menimbulkan kegalauan, kebingungan bahkan depresi. Memilih jurusan katanya menentukan masa depan dan jenjang karir orang tersebut. Sehingga memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan dan harus memilih jurusan yang memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya.

Di artikel ini kita membahas mengenai

  • Mengapa banyak anak muda yang bingung milih jurusan kuliah?
  • Tips agar tidak bingung memilih jurusan
  • Bagaimana jika orang tua tidak mendukung

Ingat prinsip ini: Sukses di masa depan, adalah fokus pada keunggulan diri, bukan memperbaiki kekurangan.

sebagai contoh: Adam Lambert seseorang yang sangat senang dengan dunia seni, seperti menyanyi dan Akting. Namun dia tidak suka bermain bola ataupun yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Ketika disekolah dia sering merasa minder karena dia berbeda.

Sejak muda Adam selalu tampil ketika ada kesempatan. Dia merasa passion, dan dia merasa berada di dunia yang tepat. Dunia Theatrical dan menyanyi. Dia senang Belajar yang berhubungan dengan passionnya. dan mengikuti dunia menyanyi/Akting. Lalu apa yang terjadi? dia berhasil menjadi runner up American Idol dan menjadi penyanyi yang diakui di dunia international

Jadi oleh karena itu fokuslah pada kekuatan. bukan pada kekurangan.

Membayangkan dan berandai-andai

  • Carilah list profesi yang ada di dunia. Dari Dokter sampai Engineer. Mulai dari Artis sampai Arkeolog.
  • Bayangkan jika anda menjadi profesi tersebut. Apakah anda bahagia? senang, semangat, passionate?
  • Jika binggung cobalah cari data di internet/youtube/instagram. Bagaimana profesi itu di dunia nyata

Kapan waktu yang cocok untuk membayangkan profesi-profesi tersebut? Jawabannya adalah saat Mood anda sedang baik. Kondisi anda sedang santai, sedang happy, sedang senang.

Emosi menentukan Hasil. Mengambil keputusan itu ketika sedang bahagia, sedang happy, sedang optimis.

Mengapa banyak anak muda bingung pilih jurusan kuliah?

Adanya tekanan dan paksaan orang tua sering menjadi penyebab umum terjadinya kegalauan dalam memilih jurusan kuliah. orang tua memaksa kita untuk masuk jurusan kuliah yang dianggap punya prospek yang cerah, padahal tidak sesuai dengan minat dan bakat kita.

Persaingan yang ketat untuk masuk jurusan tertentu juga menjadi alasan orang-orang ikut-ikutan dalam memilih jurusan, semakin favorit suatu jurusan di universitas negeri maka akan sangat sulit untuk diterima dijurusan tersebut melalui SNMPTN,SBMPTN, bahkan jalur mandiri.

Selain itu banyak terjadi kasus, dimana saking galaunya seseorang dalam memilih jurusan kuliah. Akhirnya orang tersebut mengikuti jurusan yang sama dengan temannya. 

Berikut beberapa tips bagi yang sedang Bingung Memilih Jurusan Kuliah

  • Pilih jurusan sesuai dengan minat dan passion
    Kalau bingung memilih jurusan kuliah yang akan kita ambil, kita bisa memilihnya berdasarkan mata pelajaran apa yang kita sukai sewaktu di sekolah dulu. Ketika kita memilih jurusan dengan bidang yang disukai, maka belajar pun terasa menyenangkan.
    Cobalah membuat daftar mata pelajaran dan hal-hal yang kita sukai. Kalau sudah selesai, lihat kembali daftar itu dan mulai coret bidang yang tidak terlalu kita favoritkan. Sisakan 3 bidang yang benar-benar disuka kemudian dapat diselaraskan dengan jurusan kuliah yang tersedia di kampus tujuan kita.
  • Pertimbangkan prospek di masa depan.
    Selain memilih jurusan yang kita suka. Ada baiknya mempertimbangkan arah dari profesi kita nanti. Bagaimana prospek kedepan.
  • Pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan
    Meskipun kita ingin terlihat keren seperti seorang programmer atau anggun seperti seorang desainer pakaian, ada baiknya pula jika kita mengetahui kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Kalau kita pintar di bidang seni. Tidak perlu mengambil jurusan komputer agar terlihat keren. Maka penting untuk mengetahui minat serta kemampuan kita terlebih dulu sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat.
  • Jangan terpengaruh teman
    Jangan sampai memilih jurusan kuliah, karena ikut-ikutan. Kita dan teman – teman pasti punya minat dan bakat berbeda yang harus kita cari tahu masing-masing.
  • Berkonsultasi dengan orang terdekat
    Beri tahu kepada orang terdekat kalau kita bingung memilih jurusan kuliah. Kita dapat menceritakannya kepada orang tua, kakak, atau sahabat terdekat. Tanyakan pengalaman mereka ketika memilih jurusan kuliah dan bagaimana prospek kerja setelah lulus. Kita juga bisa menanyakan pendapat mereka tentang jurusan tertentu agar kita punya bayangan tentang jurusan tersebut. Jika kita belum mengetahui minat dan bakat, tak ada salahnya bila bertanya kepada mereka. Selain itu, kita bisa berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling di sekolah.
  • Memilih jurusan yang bisa masuk ke banyak bidang pekerjaan
    Salah satu tujuan kuliah adalah mendapatkan pekerjaan yang baik. Namun di zaman sekarang ini, mencari pekerjaan tidak mudah. Jika kita masih bingung memilih jurusan kuliah, kita bisa memilih jurusan yang bisa masuk ke berbagai bidang pekerjaan nantinya.

    Jurusan kuliah yang fleksibel ini dapat memudahkan kita untuk mencari pekerjaan ketika selesai kuliah nanti. Jurusan seperti ilmu komunikasi atau Sistem informasi dapat masuk ke berbagai macam profesi.
  • Pertimbangkan biaya kuliah
    Saat memilih jurusan, biaya sering menjadi hambatan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi, jika kita memilih untuk berkuliah di luar kota domisili sekarang. Tentu saja membutuhkan lebih banyak biaya, baik untuk kos hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Namun, jangan sampai biaya menjadi halangan untuk berkuliah di jurusan atau universitas impian. Kita bisa kok kuliah sambil kerja sampingan atau mencari beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.
  • Jangan gampang menyerah
    Jika kita sudah menentukan jurusan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan yang maksimal dan bertempur di test – test kuliah seperti SBMPTN. Jika hasilnya kita tidak diterima, jangan langsung berkecil hati dan pesimis. Masih ada jalur lain yang bisa kita coba. Kita bisa mencoba jalur mandiri atau mendaftar di universitas swasta. Universitas swasta juga punya kualitas yang tak kalah baik dengan PTN. Mantapkan jurusan yang kita pilih. 

Jadi apakah kalian sudah menentukan jurusan yang mau diambil?
Hal terpenting adalah pikirkan dengan matang – matang dan ikuti kata hati kita. Sebab jurusan apapun yang kita ambil menentukan kenyamanan berkuliah selama empat tahun ke depan. Bahkan masa depan anda.

“Sometimes we choose a difficult path only because we feel that to attain important things we need to choose a difficult path. We think that it’s important to punish ourselves, but why can’t we choose a simple path? What’s wrong with that? Especially when we are not ready to face that difficult path.”

“Kadang-kadang kita memilih jalan yang sulit hanya karena kita merasa bahwa untuk mencapai hal-hal penting kita perlu memilih jalan yang sulit. Kita berpikir bahwa penting untuk menghukum diri kita sendiri, tetapi mengapa kita tidak dapat memilih jalan yang sederhana? Apa yang salah dengan itu? Terutama ketika kita tidak siap untuk menghadapi jalan yang sulit itu. “

Movie “Dear Zindagi”
error: Copyright of DennySuryadi.com