Health, Wealth & Happiness

Hipnotis di Televisi itu Rekayasa atau Beneran?

Apakah kalau acara hipnotis di Televisi itu bisa rahasia terbongkar? atau kita berubah jadi dikuasai? tidak dapat keluar dari konsisi hipnosis?. Disini saya akan kupas tuntas.

Sebelum kita mulai kita samakan dulu arti kata nya ya.

Hipnotist / Hipnotis = orang yang melakukan hipnosis kepada orang lain.

Hipnosis = kondisi kesadaran khusus dimana terciptanya selective thinking.

Apakah dengan hipnosis rahasia-rahasia dapat terbongkar?

Faktanya tidak semua orang dapat dengan mudah di hipnosis. Ada orang yang mudah di hipnosis, ada yang sulit di hipnosis. Tapi semua orang pasti bisa di hipnosis. Jika syaratnya dipenuhi.

Acara di Televisi tidak semuanya di tampilkan. Ada bagian-bagian tertentu yang tidak ditayangkan. Bahkan ada beberapa yang di setting tujuannya Supaya ada efek dramatis. Kenyataannya kalau dengan hipnosis semua rahasia orang bisa terbongkar, KPK (komisi Pemberantasan Korupsi) pasti dipenuhi para hipnotist. Para hipnotist membongkar kasus koruptor-koruptor, kemudian mengorek dimana uang korupsinya di sembunyikan. Tetapi kenyataannya tidak demikian.

Hasil pencarian dari Google search

Syarat seseorang dapat di hipnosis adalah “Willing and Ready” (Siap dan ingin/bersedia).

syarat ini harus kudu di penuhi. kalau tidak, ya seseorang tidak bisa di hipnosis.

Apakah seseorang bisa tiba-tiba jadi lucu seperti acara hipnosis di Televisi?

Tujuan hipnosis panggung adalah untuk hiburan, orang yang menjadi volunteer adalah orang yang bersedia dengan sukarela. Jika tidak bersedia, pasti tidak dapat di hipnosis!

Di Televisi ada orang di sugesti bisa jadi ayam. Kok bisa?

Pernah main sama anak kecil? Ketika kita main sama anak kecil, biasa kita suka main role playing. Contohnya: kita pura-pura sama anak-anak main jadi badut, jadi ayam, jadi artis dll. Apapun bisa.

Contoh: kita bermain dengan Budi. Kita bilang sama Budi, “kamu sekarang pura-puranya jadi ayam berkotek ya”. Terus Budi, setuju dan dia mulailah berkokok dan mengepak-ngepakan sayapnya. Selesai main ya Budi kembali normal jadi Budi.

Nah di TV juga kurang lebih seperti itu, banyak orang yang ingin masuk TV. Mereka bersedia melakukan hal apa saja yang penting masuk TV. Sebelum acara dimulai akan ada briefing dulu. Orang yang membriefing bilang Nanti kamu ikuti apa yang diinstruksikan Sang hipnotist. Kamu nurut ya. Budi menyetujui.

Budi tidak punya pilihan. Budi harus nurut dengan Sang hipnotist TV. Mengapa? Karena kalau tidak nurut syutingnya di CUT (potong) dan Budi tidak tampil di layar TV sama sekali.Lho kok gitu? ya gitu karena tayangan TV itu perlu pencintraan. Coba bayangkan acara hipnosis di televisi, tetapi ternyata orang yang di hipnosis tidak bisa dihipnosis karena tidak mau ikut arahan dari Sang hipnotist. Malah ngeyel-ngeyel mau mempermalukan Sang hipnotist. Ya pasti 100% di potong. gak Tayang.

Baca juga: Mitos mitos salah tentang hipnosis

kemudian kok hipnosis bisa ya bikin orang lupa nama?

Dalam kondisi hipnosis tertentu seseorang bisa saja lupa nama, lupa hari, lupa tanggal, atau apapun. Namun hal ini sepenuhnya normal dan tidak ada yang aneh. Mengapa? karena dalam kondisi hipnosis ada kondisi tertentu, dimana seseorang dapat lupa sejenak.

Contoh mudahnya ketika dulu kita sekolah, kita sudah belajar mati-matian buat ujian. Sebelum masuk ujian ingat banget. Diulang-ulang 10x, wah 10 kali benar. ingat semua jawaban yang di afal. Pas waktunya ujian mau isi jawaban, tiba-tiba lupa. Otak serasa nge-hang.

Anehnya pas keluar selesai ujian, malah semua hal yang tadinya lupa jadi ingat semua. Lho kok bisa? ya bisa normal normal saja. Memang manusia bisa keluar masuk kondisi hipnosis dengan sendirinya. Baik disadari maupun tidak disadari.

Sang hipnotist mengetahui fenomena ini, dan mengetahui cara pikiran bekerja. Sang hipnotist mengakses keadaan manusia yang bisa lupa itu dengan sebuah sugesti. Biasanya sugestinya seperti ini: “Pak Budi, sebentar lagi saya akan bilang lupa nama, ketika pak Budi mendengar kata “lupa nama”. maka nama anda hilang sesaat dan anda tidak tahu nama anda.

Hipnoterapis itu berbeda dengan Hipnotist panggung

Hipnoterapis mempunyai tujuan untuk membantu menyembuhkan trauma, atau masalah yang berhubungan dengan pikiran. Hipnoterapis membimbing klien untuk masuk ke kondisi relaksasi. Kemudian ketika tubuh dan pikiran sudah relaks. Hipnoterapis dapat melakukan penelusuran akar masalah dan Memproses akar masalah. Atau hipnoterapis dapat memberikan Sugesti positif, yang dapat membantu klien untuk hidup yang lebih baik.

Demikianlah pembahasan saya kali ini. Semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik.

Baca juga: Pikiran bawah sadar punya segudang potensi, namun sifatnya unik.

error: Copyright of DennySuryadi.com