Health, Wealth & Happiness

Pikiran Bawah Sadar Menguasai 90% dari Kehidupan Seseorang

Pikiran Bawah Sadar manusia menyimpan semua emosi, ingatan, cerita, pengalaman. Pikiran ini bekerja aktif menjalankan fungsi-fungsinya tanpa henti bahkan ketika kita tidur.

Komposisi pikiran manusia adalah 10% pikiran sadar dan sisanya 90% adalah pikiran bawah sadar. Pikiran sadar fungsinya adalah memfilter semua informasi yang masuk ke pikiran kita melalui panca indera. Sedangkan pikiran bawah sadar menyimpan, memproses, mengingat, ide-ide yang masuk.

pikiran sadar dan pikiran bawah sadar

Pikiran bawah sadar itu seperti Memory penyimpanan internal sebuah Handphone.

Pikiran ini menyimpan informasi, data, emosi, dan program-program yang digunakan untuk menjalankan hidup. Ibaratnya seperti handphone, pikiran bawah sadar adalah penyimpanan internal. Jika isinya banyak aplikasi yang bagus, foto-foto, lagu & video yang bagus-bagus, maka handphone ini menjadi sangat berguna. Contohnya, aplikasi chat, browsing, edit foto, instagram yang sering dipakai. ketika anda butuh, aplikasinya ready, fotonya sudah disortir yang bagus. Handphone menjadi sangat-sangat berguna.

Namun apabila penyimpanan ini banyak software-software tidak terpakai, file-file foto dan video yang campur aduk. Saking banyaknya membuat sumber daya dari HP ini terpakai sia-sia, baterai jadi boros. HP jadi lemot. Internal memory bisa full, bahkan nge-hang!

Pikiran bawah sadar analoginya seperti HP itu. Apabila ada hal-hal yang kita risaukan dan sering kita pikirkan. Maka dia memakan resources dari pikiran dan energi kita. Contoh: Kita sedang memikirkan masa depan yang masih tanda tanya besar. Otak memproses, menampilkan data-data masa lalu, dan memprediksi masa depan dengan sejumlah proses tanya jawab internal. Tentunya ketika berfikir seperti itu, kita tidak dapat konsentrasi bekerja, belajar atau melakukan hal lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Celakanya kita manusia tidak bisa memilih, mana yang masuk pikiran bawah sadar, mana yang tidak.

Lihat kejadian lucu, menyenangkan, happy moment. Semua terekam dibawah sadar kita. Namun selain itu juga ada hal-hal negatif. Kita dapat mengalami atau bahkan melihat atau mendengar kejadian buruk, hal tersebut juga dapat langsung terekam. Contoh: Kita mendengar cerita orang ditipu karena bisnis dengan partner yang salah. Tiba-tiba kita jadi berhati-hati kalau ada orang yang ngajak bisnis. Hal-hal negatif yang masuk ke pikiran bawah sadar, tidak disadari dapat menjadi: Trauma, fobia, mental block, cemas, takut dan lain-lain. Semua itu bisa dengan alasan atau tanpa alasan yang jelas..

Hal hal inilah yang dapat menguras resources (sumber daya) dari pikiran kita.

Hal-hal yang tersimpan dan potensi pikiran bawah sadar

  • Memori jangka panjang. Menyimpan memori kehidupan dari masa kecil, sampai dewasa.
  • Kepribadian. Sifat dasar, karakter seseorang, sikap seseorang. Hal ini berbeda-beda satu dengan individu lain, karena tergantung pola asuh dan lingkungan.
  • Intuisi. Feeling, atau kemampuan untuk memahami sesuatu dengan instant, tanpa perlu berfikir panjang.
  • Kreativitas. kemampuan ide-ide, imajinasi, keterampilan untuk mencipta atau memodifikasi.
  • Persepsi. Pola pikir seseorang terhadap dunia nya.
  • Emosi. Keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis seperti gembira, sedih, haru, cinta, rasa sakit atau marah.
  • Kebiasaan (baik, buruk, dan refleks)– kebiasaan baik adalah kebiasaan yang bersifat positif dan produktif. Kebiasaan buruk adalah kebiasaan yang bersifat negatif dan desktruktif (merusak). kebiasaan refleks adalah kebiasaan yang terjadi secara otomatis, Contoh: menoleh saat dipangil namanya oleh seseorang.
  • Value dan belief. Value itu adalah nilai-nilai kehidupan, seperti kejujuran, kerja keras, mau menolong dan sebagainya. Belief adalah sesuatu perasaan pasti yang kita yakin 1000% bahwa itu adalah kebenaran. Contoh: belief (percaya) terhadap hukum alam seperti grativasi. Value dan belief bekerja dalam bawah-sadar seseorang, mempengaruhi segala: Keputusan, sikap, perilaku, cara berpikir, persepsi, pencapaian.

Sifat – sifat pikiran bawah sadar manusia

  • Mirip dengan seorang anak kecil berusia 8 tahun. Dia mengerti dan menerima sebuah ide jika disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Cuma ya karena seperti anak kecil, pikiran ini maunya gampang, cepet, mudah, express dan ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang singkat.
  • Kemampuan nya terpisah dari pikiran sadar. Contohnya kita bisa sambil ngobrol sama orang lain, tetapi kita bisa sambil berfikir, apa maksudnya orang tersebut.
  • Merupakan gudang penyimpanan informasi. Emosi, cerita, pengalaman semuanya ada disini. Ketika kita mengalami kejadian yang berkesan. Semua itu pasti tersimpan di bawah sadar kita.
  • Menyimpan potensi yang belum digunakan. Contohnya: orang yang dikejar anjing larinya lebih cepat daripada biasanya yang tidak dikejar-kejar.
  • Sangat cerdas. Imajinasi tidak terbatas dan kreatif.
  • Bersifat sangat sadar. Khususnya untuk melakukan upaya-upaya menyelamatkan diri.
  • Suka mengamati dan memberikan respons dengan jujur. Contoh sedang lapar kemudian ditanya mau makan tidak? Bawah sadar pasti menjawab mau, namun orang sering kali memberikan respon sebaliknya. Mengapa? karena pikiran sadar mengambil alih. Alasan nya jaga image (Jaim).
  • Sumber emosi. Gudang penyimpanan informasi, data, rasa, gambar, suara, aroma dan tekstur. Dan itu semua adalah pemicu emosi.
  • Bersifat universal. Sama untuk setiap orang sama, tidak membedakan suku, agama, dan kebangsaan. semuanya sama.
  • Bersifat malas berubah. Zona nyaman itu enak, contohnya: seperti anak-anak. Malas meninggalkan bangku untuk pergi mandi.
  • Pikiran bawah sadar melindungi diri kita (tubuh fisik dan pikiran sadar) menurut cara, strategi, mekanisme, atau logikanya sendiri. Contohnya: Ada anak tiba-tiba sakit karena malas pergi ke sekolah. Tetapi ketika sudah selesai minta izin ke guru dan sudah di approve. Anehnya badan tiba-tiba bisa sembuh sendiri.
  • Pikiran bawah sadar sangat menyadari pentingnya resolusi trauma, namun ia bukanlah penyelesai masalah. Oleh karena itu diperlukan bantuan hipnoterapis untuk menelusuri akar masalah dan meresolusi trauma / masalah yang dihadapi.

Pikiran bawah sadar sering berkomunikasi dengan mengirimkan perasaan, intuisi, mimpi, namun pikiran sadar mudah mengabaikannnya, tetapi bawah sadar tidak menyerah, dia menggunakan gangguan fisik, agar segera dapat perhatian dari pikiran sadar. Inilah yang disebut dengan penyakit psikosomatik atau penyakit yang berasal dari pikiran.

Apa itu psikosomatis? Ini ulasannya.

error: Copyright of DennySuryadi.com