Health, Wealth & Happiness

Gangguan Kecemasan Dapat Diatasi dengan Hipnoterapi

Merasa cemas sesekali itu wajar. Namun jika kecemasan terlalu sering terjadi, berlebihan, dan tanpa alasan yang jelas. Anda mungkin mengidap gangguan kecemasan atau kerennya disebut anxiety disorder.

Apa itu Gangguan Kecemasan

gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah Cemas berlebihan atau kecemasan berlangsung terus-menerus terhadap satu hal atau banyak hal. Ganguan kecemasan ini ditandai dengan perasaan khawatir, cemas, atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Contoh dari gangguan kecemasan adalah:

  • Panic attack tiba-tiba sesak nafas, dada sakit, leher tegang, tekanan darah tinggi. dan lain-lain.
  • Obsesif-kompulsif melakukan sesuatu hal yang berulang-ulang, seperti terlalu sering cuci tangan, terlalu sering ganti baju dan masih banyak lagi
  • Gangguan stres pasca-trauma. Contohnya seperti orang baru putus cinta, kemudian orang ini marah-marah, merasa kesal, cemas dan sebagainya.

Apa penyebab dari Gangguan kecemasan atau cemas berlebihan?

Penyebabnya dapat dikarenakan oleh emosi negatif seperti: Marah, kecewa, benci, sakit hati, trauma, dan masih banyak lagi. Emosi ini berada di pikiran bawah sadar. Emosi ini seperti menyangkut di pikiran bawah sadar. Membuat batin seseorang tidak tenang.

Pikiran bawah sadar biasanya memberikan tanda-tanda / gejala atau simtom ke tubuh fisik berupa sakit fisik, perilaku obsesif kompulsif, panic attack, low back pain, syaraf kejepit dan masih banyak lagi. Setiap orang dapat berbeda-beda tanda-tandanya.

Lalu mengapa emosi negatif tersebut dapat tersangkut di pikiran bawah sadar?

Ada 5 kondisi/syarat yang dapat menyebabkan seseorang menjadi trauma, yaitu:

  1. Ada kejadian yang menimbulkan emosi Intens atau kuat.
  2. Kejadian ini bermakna.
  3. Kondisi kimiawi otak mendukung, contohnya hormon stress lagi tinggi.
  4. Merasa terperangkap
  5. Merasa tak berdaya

Contoh kasus: Mas Budi (nama samaran) sedang sibuk di kantor. Otaknya stress, kepalanya lagi “berasap”. Tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas pacarnya minta menyudahi hubungan mesra yang sudah dijalin selama 4 tahun, dan beralih menjadi teman saja. Mas budi jadi stress, dia merasa tidak bisa melakukan apa-apa, hidupnya terasa kacau sekali.

Kejadian tersebut mengandung makna yang sangat mendalam, 3 bulan pertama Mas budi seperti orang linglung, menyendiri dirumah. Tiba-tiba setelah beberapa saat Mas Budi menjadi cemas, takut, tidak ingin bicara dengan siapa-siapa. Selain itu merasa sakit di punggung atas sebelah kanan, seperti nyeri. Ada terasa sakit yang menganggu, namun tidak parah.

Tidak terasa 13 tahun lamanya berlalu Mas Budi merasakan sakit di punggungnya. Dengan tehnik tertentu, emosi negatif yang menyangkut di pikiran sadar dapat dilepaskan. Mas Budi kembali damai batinnya dan sakitnya selama 13 tahun pun hilang.

Apa saja gejala gangguan kecemasan?

Beberapa gejala yang mungkin muncul, atau kombinasi dari gejala berikut.

  • Mudah merasa lelah
  • Gelisah terus-terusan
  • Susah berkonsentrasi
  • Mudah tersinggung
  • Susah mengendalikan perasaan khawatir
  • Kram otot
  • leher tegang
  • dada sesak
  • Mengalami gangguan tidur insomnia.

Bagaimana cara mengatasi anxiety disorder?

Dengan hipnoterapi seseorang dapat dibantu untuk melepaskan gangguan kecemasannya.

Apa itu Hipnoterapi? hipnoterapi adalah metode terapi dalam kondisi hipnosis.

kelebihan dari hipnoterapi adalah,

  • metode ini dapat mengakses pikiran bawah sadar.
  • Menemukan akar masalah
  • Memproses akar masalah dan menetralisir emosi negatif yang tersangkut di pikiran bawah sadar.

Gangguan kecemasan memang dapat diredam dengan mengalihkan fokus, misalnya: berlibur. Namun hal tersebut tidaklah permanen. Nanti pada suatu saat simtom cemas berlebihan dapat timbul lagi. Oleh karena itu ada baiknya anda berkonsultasi dengan profesional.

Baca juga: manfaat hipnoterapi.

error: Copyright of DennySuryadi.com