Health, Wealth & Happiness

Susah Diet itu Gara-gara PBS

susah diet

Banyak orang yang susah diet untuk menurunkan berat badan, padahal sudah banyak membaca dan mencoba berbagai cara menurunkan berat badan.

Orang susah diet karena pikiran bawah sadarnya (PBS) tidak mendukung. Ada bagian diri yang keberatan ketika melakukan diet. Bisa itu takut lapar, tidak nyaman, atau laper karena abis olahraga dan sebagainya.

Bagian diri yang menghalangi itu bisa berupa suara-suara atau pikiran yang tiba-tiba muncul ketika ada makanan. Contoh: Ada teman bawa roti yang enak banget. Padahal lagi diet. Nah tiba-tiba di kepala kita ada suara bilang “Woi lagi diet, gak boleh tuh disentuh” Tetapi selain itu ada suara lagi yang membalas bilang: “aduh gak apa-apa kali cuma sekali-kali, belum tentu dia bawa roti lagi, udah makan saja”. Ada perdebatan batin dipikiran kita.

Nah itu gara-gara pikiran bawah sadar (PBS)

Ada orang Susah Diet karena terlalu extreme

Semakin anda sering tidak makan, tubuh akan semakin cepat gemuk. Lho kok bisa? nanti saya jelaskan. Tetapi sebelumnya ini pengertian diet yang baik dan bener

Diet sering dianggap sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan atau tidak makan sama sekali (Contohnya seperti skip makan siang). Nah itu sebabnya diet itu menyebalkan. Mesti tahan mental tidak makan, seperti orang yang sedang disiksa. Padahal di dunia ini banyak makanan yang enak untuk dinikmati.

Banyak yang menganggap diet itu untuk orang – orang gemuk yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.

Diet dalam artian sebenarnya bukan hanya bertujuan menurunkan berat badan. “Diet” adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang artinya “makanan yang biasa dimakan”. Kata “diet” itu sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”.

Jadi arti diet yang sebenarnya adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup.

Diet juga bisa diartikan sebagai pola makan gizi seimbang untuk meraih berbagai tujuan. Tergantung dari keinginan setiap orang. Ada yang diet untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengatur kondisi kesehatan tertentu.

Susah diet atau mudah diet, pasti karena pikiran

Berikut alasan yang menyebabkan susah diet:

  • Punya Believe yang salah, Contohnya: tidak makan itu cepat kurus. Padahal tidak makan itu dalam jangka waktu yang panjang akan membuat tambah gemuk.
  • Sugesti yang salah. Misalnya: Gemuk itu sehat, Gemuk itu indah, Sexy itu dari dalam tidak pengaruh bentuk tubuh, kurus itu jelek dan sebagainya.
  • Program bentuk tubuh yg salah. Secara sadar seseorang tahu bentuk tubuh yang ideal seperti apa. Namun di pikiran bawah sadar dia meyakini dan mempunyai gambaran tubuh, dirinya berisi/berat lebih daripada berat ideal. (Hal ini bisa karena ada program dari kecil, orang tua, ataupun lingkungan keluarga)
  • Terbiasa makan banyak. Seseorang bisa saja tidak sadar dia makan terlalu banyak, hal ini karena sudah terbiasa dari kecil.
  • Dipengaruhi lingkungan. Anda bertekad 1000% untuk diet. Namun tiba-tiba ada keluarga atau teman yang godain. “yakin gak mau makan?, ini enak lho”

Rubah program pikiran bawah sadar dietnya lancar.

Solusi diet yang benar bukannya tidak makan, atau skip makan dan menderita.

Diet yang benar adalah mengatur makanan yang dimakan. Mengatur itu mencangkup:

  • Memilih Jenis makanan yang sehat untuk dimakan
  • apakah berserat atau tidak
  • Bergizi atau tidak
  • High kalori atau Low kalori
  • Seberapa sering makan
  • dan Porsi makanan

Jadi pastikan anda tidak menyiksa diri, namun makanlah yang teratur, dengan gizi yang sehat. Low kalori.

Semakin anda sering tidak makan, tubuh akan semakin gemuk, kok Bisa?

Semakin anda jarang makan, tubuh akan terbiasa dan kemudian berubah metabolismenya. Tubuh menyesuaikan dengan keadaan jarang makan. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lebih efisien. Jadi ketika nanti makan nya kembali normal. Tubuh menyerap gizi dengan lebih efisien, tentu saja menjadikan tubuh lebih berbobot.

Oh ya, Diet dengan skip makan itu tidak mungkin berlangsung lama. Tubuh dan pikiran tidak suka menderita.

Lebih baik anda makan seperti orang pada umumnya. Sarapan, makan siang dan makan malam. Porsinya diatur dan gizinya juga di perhatikan.

Ada hal hal yang membuat susah diet, apakah itu?

  1. Kebiasaan tidur yang tidak teratur.
    Pada umumnya orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 6-8 jam setiap malamnya. Kurang tidur bisa mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan lapar jadi terganggu. Sehingga kita menjadi lebih sering pengen makan.
  2. Kurang minum air putih
    minum 6 – 8 gelas air putih setiap hari dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Karena air putih tidak memiliki kalori, sehingga mengatasi rasa haus tanpa menambah berat badan. Cukup minum air putih juga bisa menghindari konsumsi soda, jus atau kopi instan yang memiliki kalori dan gula tinggi yang sering menjadi penyebab naiknya berat badan.
  3. Stres
    Stres menjadi salah satu alasan mengapa kita susah diet. Saat mengalami tekanan, tubuh kita akan cari cara untuk mengalihkan emosi. Biasanya cara yang paling mudah adalah makan, ngemil.

5 mindset yang tepat, untuk diet yang berhasil

  1. Tentukan tujuan diet, kenapa anda ingin lebih langsing? untuk sehat? untuk penampilan? untuk dapat jodoh?
  2. Tentukan target, ingin turun berat badan berapa kg.
  3. Mulai dari target kecil. Bagaimana caranya makan gajah? Caranya dipotong-potong kecil-kecil. Nah mau turun berat banyak gimana? ya tentu saja Target besar dipotong-potong dulu menjadi target yang lebih kecil-kecil.
  4. Tentukan dateline. kapan ingin target anda tercapai. Dateline yang baik adalah tidak terlalu cepat, tetapi juga tidak terlalu lama.
  5. Bikin rencana matang. menu menu makanan yang perlu dihindari, menu makanan yang harus di konsumsi lebih banyak. contohnya: Banyak makan brokoli, kentang (karena low kalori). Mengurangi coklat, eskrim, keju dan susu.

5 hal diatas harus tertulis di kertas. Supaya masuk ke pikiran bawah sadar anda.

Setelah itu anda harus mempengaruhi pikiran bawah sadar anda untuk bekerja sama dengan tubuh anda. Karena perubahan yang long lasting itu pasti ada di Memory bawah sadar. Ada beberapa cara untuk menanamkan perubahan itu. Misalnya dengan. memajang foto anda yang langsing (kalau pernah). kalau tidak pernah pajang foto artis idola anda yang bentuh tubuhnya ideal. Mengsugesti diri sendiri dengan kata-kata positif seperti “Berat badan saya ideal otomatis, tubuh dan pikiran mendukung” atau bisa juga dengan Hipnoterapi. Kok? iya karena ada kasus-kasus dimana susah turun berat badan, dikarenakan ada emosi negatif. Contohnya ada orang jadi gemuk karena stress. Ada yang jadi gemuk karena tinggal sama mertua. dan masih banyak lagi.

Jika anda susah diet, coba pikirkan emosi apa yang terkait dengan susah diet tersebut.

Penulis: Ester L. / Denny

error: Copyright of DennySuryadi.com